Minggu, 10 Juli 2011

Membuat Slide Show Album Foto di Blog

Awalnya saya sangat tertarik dengan melihat blog temen saya yang mempunyai slide foto pada blognya tersebut. Dengan rasa penasaran saya melangkah pada om Google untuk menanyakan solusi penasaran saya tersebut. Setelah berbincang - bincang dengan om Google, ahirnya saya mendapatkan solusinya.
Cara mengaktifkan slide show pada blog kita rada-rada mudah nan menyulitkan bagi kita pemula, namun dengan rasa penasaran dan semangat maka rasa menyulitkan itu sendiri akan pudar.
Kita masuk pada pokok permasalan dengan beberapa langkah dan di temani dengan screnshoot yang saya susun agar memudahkan para pembaca memahami postingan saya ini.

Langkah pertama :
Silahkan buka www.slide.com pada browser Anda, kemudian login pada situs tersebut. Jika Anda belum memiliki akun, ada baiknya register/mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol menu Sign Up. Sebenarnya tanpa mendaftarpun kita tetap bisa membuat slide show album pada situs ini. Namun, dengan mendaftar memungkinkan kita menyimpan slide kita dan dapat mengeditnya jika diperlukan tanpa harus memulai dari awal lagi. Gambar dibawah ini screnshoot slide.com



     














Langkah kedua :
Saya asumsikan pembaca telah berhasil membuat akun pada situs slide.com dan telah login pada situs tersebut. Jika pembaca berada pada halaman utama, klik tombol yang bertuliskan Make a SlideshowNamun, jika berada pada halaman profile, klik gambar yang ada tulisan Make Slideshow. Keduanya sama saja.

Langkah ketiga :
Selanjutnya akan muncul sebuah halaman pembuatan slideshow dengan 3 langkah, yaitu Create Slideshow, Save Slideshow, dan Share Slideshow.

Langkah keempat :
Pada bagian Create Slideshow, pembaca diminta untuk mengupload foto atau gambar yang ingin dimasukkan kedalam slide album yang akan pembaca buat. Ada beberapa pilihan untuk memasukkan foto-foto tersebut, yaitu menguploadnya langsung dari komputer pembaca, atau bisa menggunakan foto atau gambar yang telah Anda simpan pada akun friendster Anda, facebook, myspace, photobucket, dan lain-lain. Dengan demikian, pembaca tidak perlu lagi mengupload satu persatu dari komputer pembaca. 
 












Langkah kelima :
Setelah upload foto selesai dengan mengikuti langkahnya mulai dari ngisi slide details, kemudian klik save.














Langkah keenam :
Dengan selesai mengupload foto serta saving, maka kita akan mendapatkan code HTML, copy code tersebut seperti biasa dan tempelkan pada widget di blog anda. Kemudian liat hasilnya.










Semoga berhasil dan bermanfaat bagi kita semua.. jangan lupa tinggalkan komentar agar saya bisa merubahnya, karna hanya anda yang dapat menilainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar